pertama kali aku di suruh mengulang oleh pak guru tenyang yang di bawah ini ni……

17 06 2009

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah di bawah ini:

Jawab :

· Disk cleaner :

Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari

pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

Floopy drive : Floopy drive atau disk drive merupakan komponen komputer yang

digunakan untuk penggerak floopy atau disket sebagai media penyimpan data.

· CD-Rom dan CD-RW

CD-Rom atau CD-RW merupakan alat yang umum digunakan saat ini untuk membaca dan menulis data ke CD. CD-Rom dan CD-RW merupakan komponen yang sangat murah dibandingkan dengan data yang dapat disimpannya. Masalah yang sering mengganggu pada CDRom dan CD-RW terletak pada optik atau lensanya. Langkah yang digunakan untuk membersihkan optic atau lensa dari debu atau kotoran lain adalah dengan menggunakan CD cleaner. Prinsip kerja dari CD cleaner mirip dengan disk cleaner, hanya bentuknya saja yang berbeda.

Hard disk : Media penyimpan data berkapasitas besar.

· BIOS

Basic Input Output system . Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem.

· CPU :

Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah teknik disebut mikroprosesor, sedang dalam pengertian umum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semua isi didalamnya. Pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Motherboard : Papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai.

· VGA Card

VGA card atau sering disebut display adapter adalah komponen komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam layar monitor.

· Expansion Card

Expansion card merupakan komponen tambahan yang terpasang pada komputer. Expansion card dapat berbagai macam jenis dan fungsinya. Contoh expansion card adalah seperti card LAN, soundcard, tv tunner, VGA card dan masih banyak lagi. Sedangkan menurut jenisnya terdiri dari PCI, ISA, dan AGP.

· Device manger

Device manager digunakan untuk mengetahui kondisi komponen PC secara menyeluruh. Yaitu kondisi bahwa komponen sudah dapat dideteksi oleh sistem atau kondisi komponen tidak mengalami trouble pada drivernya. Device manager juga dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan komponen untuk keperluan tertentu. Dari device manager inilah dapat dilakukan update driver.

· Disk defragmenter

Disk defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool ini digunakan untuk merawat hard disk dari file yang terfragmentasi. File yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akan memperlambat sistem.

· DirecxtX

DirectX digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponen yang berhubungan dengan multimedia, seperti VGA card, soundcard, dan LAN card. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi di atas directX juga dilengkapi dengan tool yang mampu digunakan untuk mendiagnosa sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak. Untuk VGA card dilengkapi dengan test directdraw dan test direct3D, 43 untuk sound dan music dilengkapi dengan test direct music dan test direct sound.

· Scandisk

Scandisk digunakan untuk melakukan perawatan hard disk dan system, meliputi: file alocation table, struktur file, ada tidaknya bad sector dalam hard disk. Tool ini akan otomatis dijalankan saat start ketika terjadi unclean shutdown akibat gagal listrik atau salah menekan tombol power.

· HEATSINK

Pendingin yang berada di antara prosesor dan fan

· Expansion slot

Slot atau tempat untuk memasangkan fitur tambahan {expansion card}

2. Uraikanlah jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai untuk perawatan PC

Jawaban :

· Penyedot debu mini: Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat

dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudutsudut casing komputer.

· Kain kering atau tisu : Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering.

· Cairan pembersih / cleaner : Cairan pembersih digunakan untuk

membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti

percikan dari tinta printer.

· Diskcleaner : Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive.

Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

· Cd Cleaner : CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.

· KUAS : Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.

3. Jelaskan hubungan antara trouble-shooting dengan kebersihan komponen PC

Jawaban : 3. Jelaskan hubungan antara trouble-shooting dengan kebersihan komponen PC

Sangat berpengaruh sekali tapi ada berbagai macam kebersihan juga berpengaruh pada system OS kompie anda.

1. Kebersihan pada CPU. debu, kotoran, abu rokok atau bahkan gw pernah nemuin tahi tikus bisa merusak komponen anda, misalnya pada prosesor, vga card bisa menghalangi jalannya listrik ke MB. solusinya bersihkan dengan cairan spray contact cleaner.. semprot aja bagian port2 di MB. Sesekali bukalah semua peranti agar udara segar masuk ke dalamnya dan kelembapan bisa ditekan.
2. Kebersihan pada Software, ,emanajemen PC biasanya identik dengan memanajemen data yang ada di dalamnya. Melakukan defragmentasi, membersihkan dari spyware, virus, worm dan sejenisnya, itu yang biasa dilakukan user PC. Perawatan lebih banyak difokuskan pada data pada hard disk. Sedikit dari kita yang sadar bahwa perawatan dari luar juga tidak kalah penting.

4. Jelaskan prosedur pembersihan komponen pada PC

Jawaban :

· Siapkan alat dan bahan yang digunakan

· Amatilah kondisi kebersihan komponen PC yang ada

· Periksa trouble yang terdapat pada komponen PC

· Jika ada komponen PC yang trouble secara phisik, lakukan pembersihan terhadap komponen tersebut

· Untuk melakukannya, Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.

· Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan.

5. Jelaskan jenis-jenis korosi pada komponen PC dan penyebabnya

Jawaban :

Ø Keyboard : key board tidak merespon, penyebapnya debu yang menempel pada tombol papan ketik

Ø Mouse : korsor sering melompat, scroll yang ada pada mouse kotor

Ø Hard disk : mudah rusak, tidak bisa terbentur

Ø Monitor : tidak menyalah, VGA card yang tidak tertancap dngan baik

Ø CD Rom : optic tidak membaca data,debu/kotoran yang menempel

Ø Floopy disk : pada dasarnya, sama dngan CD rom

Ø RAM : ram rusak,listrik statis

Ø Motherboard : panas berlebihan,banyak fitur tambahan

6. Jelaskan jenis-jenis software utilitas, yang digunakan untuk mengecek kondisi PC

Jawaban :

Ø Device manager : Device manager digunakan untuk mengetahui kondisi komponen PC secara menyeluruh. Yaitu kondisi bahwa komponen sudah dapat dideteksi oleh sistem atau kondisi komponen tidak mengalami trouble pada drivernya

Ø Directx: DirectX digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponen yang berhubungan dengan multimedia, seperti VGA card, soundcard, dan LAN card. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi di atas directX juga dilengkapi dengan tool yang mampu digunakan untuk mendiagnosa sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak.

Ø Disk defragmenter : Disk defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool ini digunakan untuk merawat hard disk dari file yang terfragmentasi

7. Jelaskan sejarah dari os pada PC

Jawaban : 1980

* QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.
* Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.

1981

* PC­ DOS : IBM meluncurkan PC­ DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.
* MS­ DOS : Microsoft menggunakan nama MS­ DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.

1983

* MS­ DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS­ DOS diluncurkan pada komputer PC XT.

1984

* System 1.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse.
* MS ­DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.
* MS ­DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MS­DOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.

1985

* MS ­Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MS­Windows, sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.
* Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.

8. Sebutkan jenis-jenis system operasi berdasarkan layan terhadap pengguna , beserta contohnya.

Jawaban :

Ø OS berbasis gui : windows

Ø OS berbasis text : – linux

unix

mac. os

9. Sebutkan bagian-bagian windows dan fungsinya pada os

Jawaban : 4. 1. Pengaturan Memory- mengawasi bagian-bagian memori, lokasinya, statusnya, besarnya, bila terpakai siapapemakainya.- menetapkan kebijaksanaan alokasi.- memperbaharui informasi tentang status bagian memory.
2. Pengaturan Prosesor- mengawasi status prosesor- menarik kembali pemakaian prosesor bila sudah tidak dipergunakan.- menyerahkan penggunaan prosesor dengan cara mengisi register-register yang perlu diisi.
3. Pengaturan peralatan I/O- mengawasi status peralatan I/O beserta kelengkapannya ( Channel)- mengatur cara dan jadwal pemakaian peralatan I/O- menyerahkan pemakaian peralatan I/O
4. Pengaturan informasi (system file)- menarik kembali dan menyimpan infomasi- melepaskan atau memberikan informasi, umpamanya dengan cara membuka suatu filetertentu- menetapkan proses-proses yang boleh mendapatkan informasi tertentu

5. 1. Struktur sederhanaTidak memiliki struktur yang cukup baik, berukuran kecil dan sederhana
2. Struktur MonolitikSistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil olehprosedur lain di sistem bila diperlukan
3. Sistem berlapisTeknik ini dibuat dengan merancang sistem operasi berbentuk modular
4. Virtual mesinMirip dengan pendekatan berlapis dengan tambahan berupa antar muka yangmenghubungkan hardware dengan kernel untuk tiap-tiap proses
5. Client serverKonsep sistem operasi diimplementasikan dengan menjadikan fungsi-fungsi yang ada padaSO di server menjadi User Process
6. Sistem berorientasi objek

6.

7. – Waktu cari, waktu untuk mencapai lintas atau slinder yang dikehendaki
– Waktu mantap, waktu untuk hulu tulis baca menjadi mantap di lintas atau slinder
– Waktu latensi, waktu untuk mencapai hulu tulis baca
– Waktu salur, waktu untuk menulis atau membaca isi sektor
– Serta gabungan waktu yaitu waktu inkuiri dan waktu pemutakhiran atau pergantian

8. 1. Algoritma pertama tiba pertama dilayani (PTPD)
2. Algoritma PICK UP
3. Algoritma waktu cari terpendek dipertamakan (WCTD)
4. Algoritma Look
5. Algoritma circular look
6. Algoritma scan
7. Algoritma circular scan

9. Proses adalah segala sesuatu yang sedang berlangsung atau terjadi untuk mencapai tujuan

10. sebutkan satuan kapasitas media penyimpanan yang di gunakan dalam backup software

Jawaban : gigabyte atau identik / = 1000 megabyte

11 .jelaskan perbedaan memory internal dan memory external, kemudian

berikan contohnya.

Jawaban : memory internal adalah memory yang merupakan media

penyimpanan data yang bersifat sementara. Contoh : RAM dan ROM.

Sedangkan memory external adalah memory yang merupakan media

Penyimpanan data yang bersifat selamanya. Contoh : flash disk, card

rider dan sebagainya.


Aksi

Information

2 responses

23 10 2011
mutiara azzahra

thankyouuuu, ngebantu banget niiiih😀

2 11 2011
pain19

sma-sma bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: